rss_feed

Nagari Air Haji Barat

Jl. Labuhan Tanjak No 151
Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat
Kode Pos 25668

mail_outline airhajibarat28@gmail.com

  • FEBY OKTAFIANTO

    Wali Nagari

  • YUNOFION

    Sekretasis Nagari

  • INDRA YENI U

    Kaur Perencanaan

  • LIDIAWATI

    Kaur Keuangan

  • NOFRI MARIANTI

    Kaur TU dan Umum

  • DEWI PARIMA ULIA

    Kasi Pemerintahan

  • DONI KURNIAWAN

    Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan

  • JHONI SETIAWAN

    Kepala Kampung Labuhan Tanjak

  • ERMAWAN

    Kepala Kampung Durian Pandaan

  • BOBY RAHMADIAN

    Kepala Kampung Palak Langang

  • YUNITA ROSNALI

    Staff Nagari

  • SISKA PERA

    Staff Bamus

  • ASMA NENGSIH

    Ketua Bamus

  • SUKRI AGUS

    Wakil Ketua Bamus

  • REZA KARDOVA, SH

    Sekretaris Bamus

  • ARI BASMAN

    Anggota Bamus

  • PENI BUSMANTO

    Anggota Bamus

settings Pengaturan Layar

|| Selamat Datang di Website Resmi Nagari Air Haji Barat Kecamatan Linggo Sari Baganti, Melalui Digitalisasi Pelayanan Kepada Masyarakat Semakin Mudah dan Dekat || Layanan ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanan nya. || Pemerintah Nagari dan Bamus Nagari Air Haji Barat Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Sucikan Hati dihari yang Fitri menuju Ridho Illahi, Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin || Pemerintah Nagari Air Haji Barat Menghimbau kepada Seluruh Pemangku Kepentingan di Nagari Agar Selalu Peduli terhadapat Bahaya Narkoba, Ayoo kita Perangi Narkoba diNagari kita.
fingerprint
RPJM NAGARI AIR HAJI BARAT TAHUN 2022 - 2027

18 Jan 2022 05:45:55 13 Kali

Latar Belakang

Bahwa berdasarkan  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,  Pasal 79 ayat 1 (satu) bahwa Pemerintah Desa wajib menyusun perencanaan Pembangunan Desa sesuai dengan kewenangannya dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota. Sedangkan pada ayat 2 (dua) Perencanaan Pembangunan Desa sebagaimana dimksud pada ayat 1 (satu) disusun secara berjangka. Sehingga Pemerintah Desa wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menegah Desa/Nagari (RPJMDesa/Nagari) untuk kurun waktu perencanaan 6 (enam) Tahun, dan Rencana Pembangunan Tahunan Desa/Nagari yang disebut Rencana Kerja Pemerintah Desa/Nagari (RKPDesa/Nagari), merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa/Nagari (RPJMDesa/Nagari) untuk jangka waktu 1 (satu) tahun.

Sistem penyusunan dokumen perencanaan pembangunan desa menggunakan pendekatan perencanaan partisipatif Pembangunan Masyarakat Nagari yaitu sistem penyusunan perencanaan yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan dengan pembangunan nagari. Pelibatan pihak-pihak dimaksud dalam rangka untuk mendapatkan aspirasi dan menciptakan rasa memiliki serta tanggungjawab bersama dalam pelaksanaan rencana pembangunan bagi kemajuan nagari. Sistem perencanaan pembangunan desa terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu:

  1. Penyusunan rencana
  2. Penetapan rencana
  3. Pengendalian pelaksanaan rencana; dan
  4. Evaluasi pelaksanaan rencana.

 

Keempat tahapan tersebut diselenggarakan secara berkelanjutan sehingga secara keseluruhan membentuk siklus perencanaan yang utuh. Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari (RPJMDes/Nag) dan Rencana Kerja Pembangunan Nagari (RKP-Nagari) merupakan pedoman awal dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Nagari. Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa disusun Pembangunan Nagari satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan daerah. Perencanaan Pembangunan Nagari diselenggarakan berdasarkan asas demokrasi dengan prinsip-prinsip kebersamaan, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan serta kemandirian dengan menjaga kemajuan dan kesatuan desa. Perencanaan Pembangunan Nagari dilaksanakan dengan sistem Perencanaan penyelenggaraan Negara, dan mempunyai keterkaitan serta tidak terpisahkan dari sistem perencanaan pembangunan daerah.

Dalam mewujudkan kemandirian nagari perlu dilaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa yang berorientasi kepada transparansi, partisipasi, demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat yang diperlukan suatu sistem akuntabilitas yang berjalan dengan baik. Oleh karena itu diperlukan suatu perencanaan pembangunan desa yang merupakan tolok ukur penilaian pertanggungjawaban kinerja pemerintahan desa dalam kurun waktu tertentu.  Untuk itu perlu disusun Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari (RPJMDes/Nag.) Nagari Air Haji Barat Kecamatan Linggo Sari Baganti  Kabupaten Pesisir Selatan, tahun 2022 s.d 2027.

 

Dalam upaya standarisasi maka diterbitkanlah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Keberhasilan Pembangunan Nasional secara makro, sangat ditentukan oleh keberhasilan pembangunan Desa/Nagari yang merupakan wilayah dengan jumlah penduduk terbesar.  Maka sangat penting bagaimana memacu peningkatan kapasitas masyarakat dan operator Pemerintahan Desa/Nagari dengan meningkatkan daya dukung (support  system) dalam pengelolaan pembangunan yang mencakup antara lain :

  1. Mutu, kesesuaian dan ketepatan perangkat lunak pembangunan Desa/Nagari (Peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk pelaksanaan dan teknis lain yang terkait).
  2. Efektifitas, sistem pengelolaan pembangunan Desa/Nagari.
  3. Kemampuan Desa/Nagari dalam menyelenggarakan pembangunan.
  4. Kemampuan dan keberdayaan masyarakat maupun aparatur Pemerintahan Desa/Nagari.

RPJMDesa/Nagari ini merupakan penjabaran dari Visi, Misi, dan Program Wali Nagari terpilih hasil dari Pemilihan Wali Nagari secara langsung ke dalam strategi Pembangunan Desa/Nagari, Kebijakan Umum, Program prioritas Wali Nagari, dan arah kebijakan keuangan Desa/Nagari.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas dan dengan telah dilantiknya Wali Nagari Air Haji Barat   FEBY OKTAFIANTO  oleh Bupati Pesisir Selatan pada tanggal 22 Juli 2021 yang lalu, maka Wali Nagari yang terpilih menindaklanjutinya dengan melakukan penyusunan RPJMDesa/Nagari Air Haji Barat untuk perode 2022 – 2027 sebagai acuan dari penjabaran Visi Wali Nagari terpilih.

RPJMNagari sebagai penjabaran dari visi, misi dan program Wali Nagari disusun oleh Tim Penyusun RPJMNagari yang dikoordinasikan Wali Nagari dengan mendapat masukan dari masyarakat yang terlibatn dalam pengkajian keadaan Nagari, yaitu pengkajian untuk merumuskan masalah, penyebab, potensi, alternatif tindakan dan penentuan tindakan yang layak di Nagari. Pengkajian keadaan Nagari dilakukan dengan teknik kondisi Nagari, kalender musim, diagram kelembagaan, diskusi terarah, dan musyawarah warga.

Dalam upaya mewujudkan Visi, Misi, dan Program Wali Nagari tersebut, maka diperlukan langkah-langkah strategis dan sistematis guna tercapainya sasaran dan tujuan yang telah menjadi komitmen dan kesepakatan dari semua elemen masyarakat (Stakeholders) untuk mengantisipasi kebutuhan pembangunan desa/Nagari, khususnya dalam jangka waktu 6 (enam) tahun sesuai dengan periode dan masa jabatan Wali Nagari terpilih, sehingga penyusunsnnya harus dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh unsur masyarakar Nagari.

Dengan tersusunnya RPJMDesa/Nagari ini, dihrapkan kinerja dari aparatur pemerintah Nagari dapat terukur sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan, dimana RPJMDesa/Nagari akan digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa/Nagari (RKPDesa/Nagari), penyusunan APBNag, juga merupakan dasar penilaian kinerja Wali Nagari terpilih dalam melaksanakan pemerintahan Nagari, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Nagari selama masa jabatannya, dan menjadi tolak ukur keberhasilan Wali Nagari dalam penyusunan LKPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Wali Nagari yang diserahkan kepada Badan Permusyawaratan Nagari (BAMUS), oleh karena itu, RPJMDesa/Nagari ini akan memuat arah kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilaksankan di Nagari Air Haji Barat, dimana program-program yang diusulkan diharapkan akan dibiayai oleh APBNagari Air Haji Barat dan sumber-sumber dana lain yang dapat diperoleh.Spirit ini apabila dapat dilaksankan dengan baik maka kita akan memiliki sebuah perencanaan yang memberi kesempatan kepada Nagari untuk melaksankan kegiatan perencanaan pembangunan yang lebih baik sesuai dengan prinsip-prinsip Pemerintahan yang baik (Good Governance) seperti Partisipasif, Transparan dan Akuntabilitas.

Pemerintah Nagari dalam menyelenggaraan urusan pembangunan Nagari perlu berdasarkan pada perencanaan pembangunan Nagari yang sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan. Hal tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan pembangunan dapat secara efektif, efisien dan tepat sasaran dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Nagari.

Rencana Pembangunan Desa/Nagari disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.

 

Maksud

Maksud dari Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah

               Desa/Nagari  (RPJM Desa/Nagari) ini adalah ;

  1. Penjabaran dari Visi, Misi, dan Program Wali Nagari Air Haji Barat
  2. Pedoman dalam penyusunan Rencana Pembangunan Tahunan Nagari yang tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Nagari (RKP Nagari)
  3. Pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan (Stakholders) pembangunan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.

Rencana Pembangunan Jangkan Menengah Desa/Nagari (RPJMDesa/Nagari) Nagari Air Haji Barat Kecamatan Linggo Sari Baganti  Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2021 – 2027 adalah dokumen perencanaan Nagari untuk 6 (enam) tahun, ditetapkan dengan maksud memberikan arah kebijakan keuangan Nagari, strategi pembangunan Nagari, kebijakan umum, program pembangunan Nagari serta sasaran-sasaran, strategis yang ingin dicapai selama 6 (enam) tahun kedepan.

Dengan demikian, RPJM Nagari Air Haji Barat menjadi landasan bagi semua dokumen perencanaan, baik rencana pembangunan tahunan Pemerintah Nagari, maupun dokumen perencanaan lainnya.

Dalam kaitan dengan Sistem Perencanaan Pembangunan sebagimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, serta Permendagri Nomor 66 Tahun 2007, maka keberadaan RPJM Nagari Air Haji Barat Tahun 2021 – 2027 merupakan satu bagian utuh dan merupakan kerangka acuan dalam mewujudkan kinerja pemerintahan Nagari, khususnya dalam menjalankan agenda pembangunan sesuai dengan rencana pembangunan yang telah dan atau akan ditetapkan serta keberadaannya akan dijadikan pedoman seluruh lembaga dan masyarakat yang ada di Nagari untuk menyusun RKP Nagari, RAPB-Nagari, dll.

RPJM 22-27 AIR HAJI BARAT

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

account_circle Aparatur Nagari

assessment Statistik Nagari

share Sinergi Program

folder Arsip Artikel


insert_photo Album Galeri

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Nagari

Alamat : Jl. Labuhan Tanjak No 151
Nagari : Air Haji Barat
Kecamatan : Linggo Sari Baganti
Kabupaten : Pesisir Selatan
Kodepos : 25668
Telepon :
Email : airhajibarat28@gmail.com

message Komentar Terkini

Hari Mulai Selesai
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Rabu, 10 Agustus 2022

insert_photo Album Galeri

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:86
Kemarin:20
Total Pengunjung:19.672
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.229.124.74
Browser:Tidak ditemukan
TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2022 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 418,209,304 | Rp. 1,300,898,472
32.15 %
BELANJA
Rp. 137,228,500 | Rp. 1,467,995,522
9.35 %
PEMBIAYAAN
Rp. 0 | Rp. -217,097,050
0 %
insert_chart
APBDes 2022 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Dana Desa
Rp. 380,810,400 | Rp. 829,984,000
45.88 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 20,782,272
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 37,088,275 | Rp. 448,132,200
8.28 %
Bunga Bank
Rp. 310,629 | Rp. 2,000,000
15.53 %
insert_chart
APBDes 2022 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 76,867,000 | Rp. 516,637,975
14.88 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 11,845,000 | Rp. 283,152,527
4.18 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 15,186,500 | Rp. 92,002,500
16.51 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 0 | Rp. 175,003,800
0 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 33,330,000 | Rp. 401,198,720
8.31 %